AdalahPay

SatuNusaNews – Beberapa waktu terakhir grup-grup WhatsApp diramaikan dengan broadcast hoax pesan iming-iming 21 juta dari BPJS bagi yang bekerja antara tahun 1990 hingga 2018. Redaksi mencoba menelusuri situs yang tertera di pesan tersebut, https://mobv,info/-bpjs.

Di tengah kondisi ekonomi yang sulit seperti saat ini, iming-iming uang tunai jelas merayu siapapun untuk membuka situs dimaksud. Sebagian besar tentu berfikir tidak ada ruginya jikapun berita hoax.

Pesan berantai itu bunyinya begini:

Mereka yang bekerja antara tahun 1990 dan 2018 memiliki hak untuk menarik Rp 21 juta dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Cari tahu apakah nama Anda ada dalam daftar orang-orang yang memiliki hak untuk menarik dana ini: https://mobv. info/-bpjs

Sontak banyak orang yang mencobanya. Siapa coba yang tidak tergiur dengan kesempatan menarik dana Rp 21 juta?

Saat ditelusuri di situs pengumpul identitas pemilik domain whoiscom menunjukkan domain mobv,info/-bpjs didaftarkan 24 Agustus 2018. Data pemilik ditutupi dengan fasilitas dari PrivacyGuardian.

Rasanya tidak mungkin ada situs BUMN yang menutup-nutupi identitasnya.

Saat diklik alamat dalam pesan itu, Anda akan dibawa ke situs yang seolah-olah situs BPJS Kesehatan yang tentu saja palsu.

Setelah itu, akan ada petunjuk yang muncul di wall ponsel. Anda diminta mengisi layaknya survei yang dimulai dengan pertanyaan: apakah Anda berusia 18 tahun? Kemudian akan berlanjut dengan pertanyaan Apakah Anda masih bekerja?

Jika mengikuti sampai ujung, maka Anda akan diminta untuk mengisi kolom panel yang meminta Anda membagi nomor telepon rekan, teman, keluarga yang Anda miliki.

Sering kali karena terlalu mengharap uang 21 juta menjadi tidak berhati-hati. Banyak orang yang terjebak dan mengisi data yang diminta.

Data pribadi tersebut sangat berbahaya bila jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Akan dengan mudah penjahat yang memegang data itu mengklaim rekening di bank tanpa sepengetahuan kita.

Bukan tidak mungkin mereka menggunakan data pribadi itu untuk mengajukan pinjaman kepada pihak lain. Anda yang bermimpi mendapat 21 juta malah didatangi debt collector menagih sejumlah uang sebagai pembayaran cicilan hutang.

Jika menemukan pesan yang tidak jelas asal-usulnya, sebaiknya jangan latah menyebarkannya ke orang lain. Tanpa sadar Anda telah membantu tersebarnya hoapx sekaligus membanfuĀ  penjahat menggasak uang teman atau saudara Anda sendiri. #

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.