AdalahPay

SatuNusaNews – Kontingen Aceh Barat meraih juara II lomba kerajinan anyaman pada ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7, yang berlangsung pada Selasa, 14 Agustus 2018 di Meseum Aceh.

Penanggung jawab lomba anyaman PKA 7 Aceh Barat Dasni Husin saat ditemui di sela-sela perayaan HUT RI mengatakan, pada perlombaan tersebut Aceh Barat menampilkan produk anyaman bate ranup dari bahan baku eceng gondok dan keranjang dari bahan baku daun nipah.

Pada perlombaan anyaman tersebut, setiap kontingen seharusnya menampilkan satu produk dari satu bahan baku. Sementara Aceh Barat, berhasil menampilkan dua produk dari dua bahan baku.

“Alhamdulillah kita dapat meraih juara II. Ini berkat keseriusan dan kemampuan peserta dalam merangkai anyaman. Bahan baku yang kita pilih juga murah dan terjangkau, serta karya yang kita hasilkan juga sangat menarik,” ujar tokoh perempuan Aceh Barat ini.

Menurutnya, kontingen Aceh Barat berhasil menyelesaikan anyaman 16 menit lebih cepat dari enam jam waktu yang diberikan. Dan sebagai pemerhati kerajinan tangan, Dasni berharap, masyarakat Aceh Barat semakin kreatif dalam menciptakan produk-produk yang bernilai jual tinggi dari bahan baku eceng gondok dan daun nipah.

“Sehingga produk-produk tersebut menambah pendapatan masyarakat, dan apabila diikutsertakan kembali dalam ajang perlombaan kerajinan anyaman lainnya bisa meraih hasil yang lebih baik,” ungkapnya.

Juara I diraih Kota Banda Aceh dan juara III diraih Kota Langsa. Sedangkan harapan I, II, III berturut-turut Aceh Timur, Gayo Lues, dan Singkil.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.