AdalahPay

SatuNusaNews – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Banda Aceh menjadi partai politik pertama yang mengajukan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh.

Proses pendaftaran berlangsung, Ahad (15/07/2018) oleh Ketua DPD PKS Kota Banda Aceh Iwan Sulaiman bersama wakil ketua Surya Mutiara, Sekretaris Irwansyah. Turut terlihat mendampingi Sekretaris DPW PKS Aceh Khairul Amal serta seluruh bakal caleg dari partai tersebut .

Pendaftaran di terima langsung oleh Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwadi, didampingi anggota KIP Banda Aceh lainnya, Hasbullah, Yusri dan Muhammad.

Ketua DPD PKS Banda Aceh Iwan Sulaiman menyebutkan pihaknya mendaftarkan 30 orang bakal caleg untuk mengikuti pemilu legislatif 2019 atau 100 persen dari kuota caleg untuk DPRK Banda Aceh.

Namun demikian kata Iwan Sulaiman, pihaknya juga siap untuk mengajukan caleg tambahan jika nantinya diminta untuk memenuhi kuota 120 persen.

“Kami menunggu keputusan apakah nanti kuotanya 100 persen atau sama denganPartai lokal 120 persen, namun sebelum ada keputusan maka kami mengajukan 100 persen dulu, karena dari awal kita siapkan 120 persen dari kuota, namun karena aturannya baru ada yang kuota 100 persen maka kita ikut aturan ini dulu,” ujarnya.

Iwan Sulaiman menambahkan, Bacaleg PKS Banda Aceh tidak hanya dari kalangan pengurus maupun kader partai, akan tetapi juga tokoh-tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda yang siap mengabdi untuk kota Banda Aceh.

Selain itu DPD PKS Banda Aceh juga memenuhi kuota caleg perempuan yaitu mencapai 40 persen, dari 30 persen yang disyaratkan.

“Dan kita juga memenuhi keterwakilan perempuan minimal 30 persen, tapi ada dapil 50 persen, tapi semua dapil terpenuhi,” ujarnya.

Sementara itu untuk target 2019, PKS Banda Aceh kata Iwan Sulaiman, pihaknya menargetkan 8-9 kursi DPRK Banda Aceh. Pihaknya optimis dengan kehadiran sejumlah tokoh masyarakat bersama PKS.

“ Kalau target sudah kita bicarakan dan 8-9 kursi menjadi target kita, karena dulu kita pernah 8 kursi, apalagi banyak tokoh masyarakat yang sudah berkomitmen bersama PKS,” ujarnya lagi.

Sementara itu Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwadi menyebutkan bahwasanya PKS menjadi partai politik pertama yang mengajukan bakal calegnya ke KIP Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan itu KIP langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan dari berkas pencalonan yang diajukan oleh PKS Banda Aceh, hasilnya berkas PKS dinyatakan lengkap dan diberikan tanda terima.

“Karena kalau sudah lengkap maka langsung kita serahkan tanda terima, kalau tidak lengkap maka berkasnya kita kembalikan, inilah kelebihan lebih cepat mendaftar, sehingga kita punya banyak waktu untuk melakukan pemeriksaan,” lanjutnya. #

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.