anies baswedan, sandiaga uno
AdalahPay

SatuNusaNews – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid mengapresiasi komitmen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memastikan akan melepas saham di perusahaan pembuat bir PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Dalam sebuah kesempatan, Anies Baswedan memang pernah berjanji jika terpilih sebagai gubernur DKI akan melepas saham yang dimiliki pemprov di pabrik bir tersebut.

Anies mengatakan bahwa proses pelepasan saham produsen Anker Bir itu tengah disiapkan. “Pasti dilepas. Pasti,” kata Anies di Bumi Perkemahan Cibubur, Cibubur, Jakarta Pusat, Minggu (08/04/2018).

“Kami akan siapkan prosesnya,” ujar Anies mempertegas komitmen Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam menepati janji kampanye mereka.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua MPR RI mengekspresikan kegembiraannya. Menurut politisi PKS ini, pemimpin yang terpilih harus fokus melaksanakan janji-janjinya saat kampanye.

“Ya mestinya begitu. Pemimpin yg terpilih, focus laksanakan janji-janji kampanye. Itu jugalah esensi demokrasi, dan pilar penting kelanjutan NKRI,” kicaunya dalam akun twitter.

Anies mengatakan belum diputuskan mekanisme apa yang akan digunakan terkait pelepasan saham PT Delta. Anies belum membeberkan apakah akan dijual atau dihibahkan.

“Nanti pasti akan ada mekanisme pasar,” katanya

Jika sahamnya akan dijual, Anies mengaku belum ada rencana akan digunakan untuk apa hasil penjualan saham perusahaan yang disebut Sandiaga menyetor deviden tinggi ke Pemprov DKI.

“Nanti dulu, laku dulu baru bicara uangnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan akan mengambil keputusan soal kepemilikan saham di perusahaan tersebut setelah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rapat umum pemegang saham (RUPS) akan digelar pada akhir April.

“RUPS akan dilaksanakan akhir April. Sekitar akhir April kita akan sampaikan pemikiran Pemprov untuk kepemilikan kita di perusahaan tersebut,” kata Sandiaga di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Sabtu (7/4).

Pelepasan saham PT Delta tersebut merupakan salah satu janji kampanye Anies-Sandi. Salah satu alasan melepas saham itu untuk menjaga anak-anak dari konsumsi minuman keras, seperti bir.

Januari lalu, Anies mengatakan akan menjual saham Pemprov DKI di perusahaan bir jika terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Uang hasil penjualan saham tersebut, kata Anies, akan dialokasikan untuk membangun fasilitas publik dan memenuhi kebutuhan dasar warga. Sandi juga pernah menyatakan hal serupa.

Beberapa hari seusai Pilkada DKI Jakarta 2017, Sandi menyebutkan akan melepas saham Pemprov DKI di PT Delta Djakarta Tbk. Setelah dilantik menjadi wakil gubernur, Sandi akan segera menjual saham tersebut.

Sandi mengatakan, aneh rasanya jika Pemprov DKI memiliki saham yang tidak berkepentingan langsung dengan kebutuhan warga Jakarta.

“Tidak esensial sebuah pemerintah provinsi memiliki saham di perusahaan yang tidak memiliki kepentingan terhadap hayat hidup orang banyak,” kata Sandi pada 23 April 2017 lalu. #

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.