PWI Sabang
Walikota Sabang Zulkifli H Adam bersama pengurus PWI Pusat.
AdalahPay

SatuNusaNews – Induk organisasi jurnalis tanah air,  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Sabang. Kota terluar sebelah barat nusantara ini dipastikan pada tanggal 15 hingga 16 Oktober 2016.

Sedianya rakernas PWI ini akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengingat lokasi mukernas memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa indah. Rakernas PWI kali ini akan menjadi rakernas yang istimewa mengingat lokasinya yang sangat jauh dari ibukota negara. Pemilihan lokasi Kota Sabang sendiri menjadi sebuah penghargaan bagi rakyat Aceh khususnya insan jurnalis di propinsi dengan sebutan Serambi Makah ini.

Ibu kota Sabang yang berada di Pulau Weh berjarak sekitar 25 mil laut (sekitar 45 kilometer) ke arah utara dari Banda Aceh. Secara geografis, sebagian besar daratan berupa pegunungan. Daerah ini dikelilingi lautan Selat Malaka di utara, Sumadra Hindia di selatan, Selat Malaka di timur, dan Samudra Hindia di barat. Pulau Weh dikelilingi sejumlah pulau kecil, yakni Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, dan Pulau Seulako. Jumlah penduduk Kota Sabang sekitar 30.000 orang.

Sabang menawarkan sejumlah potensi, seperti pantai berpasir putih dan berlaut biru jernih, danau air tawar bernama Danau Aneuk Laot, pemandian air panas di Gunung Merapi Jaboi, sejumlah benteng sisa Perang Dunia II, dan Tugu Titik 0 Kilometer. Pulau-pulau kecilnya pun menawarkan sejumlah potensi, antara lain memiliki beberapa lokasi snorkling (selam permukaan) dan diving (menyelam) dengan pemandangan bawah laut yang masih alami dihiasi terumbu karang ataupun ikan laut berwarna-warni.

Walikota Sabang, Zulkifli H Adam mendukung penuh kegiatan akbar ini di daerahnya. Tidak mudah memang baginya meyakinkan pengurus pusat PWI di Jakarta. Bersama dengan PWI Aceh, beliau mampu meyakinkan pusat bahwa Sabang layak menjadi tuan rumah rakernas 2016 ini.

Zulkifli H Adam sendiri pada pilkada 2017 dipastikan akan kembali bertarung memperebutkan jabatan walikota. Didampingi Zuanda Ridwan politisi Partai Keadilan Sejahtera ini akan didukung oleh Partai Golkar, PKS, Demokrat, PAN, PPP, Nasdem, dan PNA. #

Facebook Comments