AdalahPay

bayi minum air putihSatuNusaNews – Air putih dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang dapat menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Baiknya manusia meminum 8 liter Air per hari untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya. Ada juga anjuran yang mengharuskan minum air putih setiap bangun tidur, di pagi hari. Hal tersebut agar segala macam racun yang tersisa didalam tubuh kita akan larut oleh air putih dan akan keluar bersama hasil metabolisme tubuh kita.

Kebutuhan air putih tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa, anak-anak juga terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan cairan dalam tubuhnya. Tidak perlu para orang membelikan minuman atau makanan yang kurang bermanfaat, apalagi sampai menggunakan Kartu Kredit hanya untuk membelanjakan anak minuman yang kurang sehat seperti minuman soda, atau minuman ekstrak kopi. Sebaiknya dalam masa pertumbuhan mereka lebih banyak minum air mineral saja, untuk menjaga supaya mereka tidak mudah sakit.

Air putih memang minuman alami yang dapat menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh kita. Tubuh kita sangat membutuhkan cairan, setelah segala aktifitas yang dilakukan setiap harinya tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan tubuh juga secara otomatis mengeluarkan ion tubuh yang menyebabkan asupan cairan tubuh berkurang. Itulah sebabnya minum air putih ketika pagi hari sangat penting untuk memenuhi asupan cairan tubuh kita agar siap menghadapi segala macam aktifitas setiap harinya.

Aktifitas anak-anak terkadang bisa lebih melelahkan dibanding orang tuanya. Kesibukan anak-anak yang terlalu bersemangat ketika belajar maupun bermain terkadang membuat mereka lupa bahkan malas untuk minum. Biasanya jika aktifitas mereka dihabiskan diluar dengan bermain, karena asiknya, anak-anak malas untuk minum air putih yang sudah jelas sehat, mereka lebih memilih untuk membeli minuman dingin yang berwarna sekaligus kurang bersih, hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan mereka.

Dalam masa pertumbuhan ini, kekurangan cairan dalam tubuh anak akan menyebabkan gangguan kesehatan, mulai dengan gejala demam sampai gejala sesak nafas. Agar anak tidak mengalami gangguan kesehatan seperti itu, sebagai orang tua kita harus lebih waspada lagi, dan rajin mengingatkan mereka untuk minum air putih saja, dibanding minum-minuman lainya yang kurang terjamin kesehatanya.

Sebagai orang tua, kita wajib mengetahui bagaimana pola kesehatan anak kita berdasarkan makanan dan minuman yang sering mereka konsumsi. Selain minum air putih, sebaiknya berikan bekal makanan sehat juga untuk mereka. Kita bisa mengetahui gejala anak kita saat mereka kekurangan cairan atau pun jarang minum air putih, bagaimana gejalanya berikut penjelasanya:

Bau nafas

Gejala yang pertama kali dapat dideteksi saat anak kurang minum air putih adalah Bau Nafas. Dalam lidah terdapat air liur yang saat kekurangan cairan, produksi air liur tersebut akan berkurang. Ketika produksinya berkurang maka produksi bakteri dalam mulut akan meningkat. Tidak heran, saat kurang minum, mulut anak akan menghasilkan nafas yang kurang enak. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, cukup ingatkan si kecil untuk minum air putih jika nafas mereka terasa tidak sedap.

Anak ingin makanan yang manis

Anak-anak sudah pasti menyukai makanan yang manis-manis, seperti permen salah satunya. Jenis permen apa saja sudah pasti mereka suka. Saat anak lebih sering makan-makanan atau minuman yang manis dibanding air putih, sudah bisa dipastikan mereka kekurangan cairan. Saat kekurangan cairan, organ hati akan cukup sulit untuk mengubah nutrisi yang masuk menjadi glikogen dan komponen sumber energy lainya. Segerakan anak untuk minum air putih, jika mereka tidak suka berikan makanan yang banyak mengandung air, seperti buah-buahan misalnya.

Si kecil mengantuk

Jika anak anda sering mengeluh cepat mengantuk di waktu yang dirasa belum saatnya untuk mengantuk dan tertidur, bisa jadi ini gejala karena kekurangan minum air putih. Gejala seperti ini tidak hanya dialami anak, orang dewasa juga mengalami hal yang sama. Saat menjelang sore hari atau bahkan siang hari, saat tubuh kekurangan cairan dengan jarang minum air putih, rasa kantuk ini sangat cepat terasa.

Kepala Pusing

Gejala pusing ini berkaitan dengan kepala kita. Di dalam kepala kita ada otak beserta saraf dan jaringanya. Otak juga dikelilingi oleh cairan yang mencegah berbenturanya otak dengan tulang tengkorak. Saat kekurangan cairan apa yang terjadi? Pusing ini lah yang disebabkan kurangnya cairan pada otak kita. Gejala ini juga bisa jadi dialami anak kita. Mintalah mereka untuk banyak minum.

Urin berwarna pekat

Saat kekurangan cairan, urin si kecil akan tampak lebih pekat dari biasanya. Hal ini terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh si kecil yang membersihkan tubuhnya dari racun-racun yang tertinggal di dalam tubuh. Ketika melihat gejala ini, segera beri si kecil minum air putih.

Itulah beberapa gejala yang dialami si kecil saat kurang minum air putih. Untuk kesehatanya, usahakan si kecil minum air 8 gelas per hari juga ya. Anda bisa merayu si kecil agar patuh minum air putih saat disuruh anda, dengan mengajaknya ke wahana bermain, Seperti Fun world. Untuk anda yang menggunakan Kartu Kredit Citibank dapatkan bonus saldo 40% untuk bermain di Fun world. Siapa tahu, si kecil akan lebih senang, dan akhirnya mau rajin minum air putih. Selamat bermain. [#Adv]

 

Facebook Comments