AdalahPay

SatuNusaNews – Empat elemen mendapatkan tempat permanen di tabel periodik. Ilmuwan AS, Rusia dan Jepang diberikan penghargaan dengan penemuan resmi tersebut.

Dengan adanya penemuan resmi elemen 113, 115, 117 dan 118, berarti bahwa sebanyak 118 elemen di tabel periodik yaitu tujuh baris pertama telah ditemukan di Bumi atau diproduksi di laboratorium. Empat elemen baru akan segera mendapatkan nama menggantikan nama “Uu” di Tabel Periodik.

Tujuh baris dari tabel periodik secara resmi penuh.

Pada tanggal 30 Desember, International Union of Pure dan Kimia Terapan mengumumkan bahwa Kolaborasi Rusia-AS telah mencapai bukti yang cukup untuk mengklaim penemuan unsur 115, 117 dan 118. IUPAC memberikan penghargaan untuk penemuan unsur 113 kepada ilmuwan di RIKEN, Wako, Jepang (sciencenews.org : 9/27/12).

Para peneliti di Institut Bersama untuk Penelitian Nuklir di Dubna, Rusia, dan Lawrence Livermore National Laboratory di California, yang juga adalah salah satu lembaga peneltian, juga mengklaim menemukan elemen 113 setelah percobaan pada tahun 2004 dan 2007.

Penerbitan laporan untuk unsur-unsur baru yang diakui akan muncul pada awal 2016, kata direktur eksekutif IUPAC Lynn Soby. Pengakuan resmi dari unsur-unsur berarti bahwa sang penemu unsur mendapatkan hak untuk menyarankan nama dan simbol pada unsur tersebut. Elemen 113 akan menjadi elemen pertama kali ditemukan dan dinamai oleh para peneliti dari Asia.#

Facebook Comments