AdalahPay

SatuNusaNews – Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dipastikan sekali lagi memimpin Turki secara mandiri setelah jeda lima bulan. AKP dengan mudah mendapatkan kembali mayoritas parlemen menilik hasil pemilu sela Turki pada hari Ahad (01/11) dalam apa yang diserukan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu sebagai kemenangan bagi demokrasi.

Dengan hampir semua suara dihitung, partai yang berkuasa memimpin pemilihan umum hari Ahad dengan 49,4 persen suara. AKP diikuti oleh Partai kiri-tengah Partai Republik Rakyat (CHP) dengan 25,4 suara, sayap kanan Partai Aksi Nasionalis (MHP) dengan 11,9 persen dan Partai Rakyat Demokratik sayap kiri pro-Kurdi (HDP) dengan 10,7 persen.

Dengan hasil ini, AK Party diprediksi mengklaim 316 kursi di parlemen dari 550 kursi, cukup mudah untuk memenangkan mayoritas pemerintah sendiri.  Hal dikejar oleh CHP dengan 134 kursi, HDP dengan 59 kursi dan MHP dengan 41 kursi. Partai harus mengamankan 276 kursi untuk membentuk pemerintahan sendiri tanpa perlu koalisi dengan partai lain.

Perdana menteri sekaligus pemimpin AKP, Ahmet Davutoglu, menyatakan kemenangan suara pendukung AKP di kampung halamannya Konya. Davutoglu mengumumkan kepastian kemenangan AKP dan berjanji akan merangkul dan mengayomi 78 juta orang Turki tanpa memperdulikan apakah mereka memilih atau tidak.

“Kami di sini untuk menanam benih-benih cinta. Tidak ada persaingan atau permusuhan di tanah ini. Hanya ada kasih sayang,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada yang kalah dalam pemilu, mengirim pesan ke pemilih yang tidak memilih Partai AK.  “Tidak ada yang harus masuk ke psikologi kekalahan. Demokrasi kita telah menang,” katanya seperti dikutip dari Al Jazeera.

Lebih dari 54 juta orang terdaftar untuk memilih di 175.000 TPS pada Ahad (01/11). Tingkat partisipasi pemilih mencapai 86,1 persen. #

Facebook Comments