China Sonangol
AdalahPay

SatuNusaNews – Presiden Joko Widodo didesak untuk melakukan evaluasi kerjasama pembelian minyak mentah sebanyak 100 ribu barel dari Sonangol. Pasalnya, bos perusahaan minyak Sonangol, Sam Pa dikabarkan ditangkap otoritas Tiongkok untuk diinvestigasi atas kasus yang menjeratnya.

“Kerjasama antara Sonangol EP dan pemerintah harus segera dievaluasi,” ujar anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo (18/10) dalam rilisnya yang diterima redaksi.

Bambang Haryo mengatakan kerjasama antara pemerintah dan Sonangol EP patut diduga adanya permainan, seperti kasus bos Sonangol, Sam Pa di Tiongkok. “Saya duga ada permainan sampai-sampai Presiden Jokowi sangat cepat teken MoU kerjasama itu,” sergahnya.

Selain itu, Bambang Haryo juga menanyakan kinerja ISC Pertamina yang digadang sebagai trading minyak menggantikan Petral yang bisa memberikan rekomendasi atas kerjasama trading Sonangol EP dan pemerintah.

“Apakah kinerja ISC Pertamina hanya rekomendasi tanpa melihat dulu track record perusahaan yang akan melakukan kerjasama,” tutupnya.

Sebagai catatan, Grup Sonangol adalah kongsi lama Surya Paloh. Tahun 2009, Surya Energi mendapat pinjaman modal dari China Sonangol International Holding Ltd. Anak usaha Sonangol EP tersebut menyuntikkan dana 200 juta dollar AS ke Surya Energi untuk menggarap Blok Cepu.

Surya Energi adalah pemilik 75 persen saham PT Asri Darma Sejahtera. Sementara 25 persen saham perusahaan ini  dikuasai oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa  Timur. Asri Darma inilah yang mendekap 4,5 persen saham blok minyak jumbo di Cepu. #

Facebook Comments