AdalahPay

SatuNusaNews – Ketua umun DPP partan Amanat Nasional (PAN) sekaligus ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa PAN akan tetap berada di luar pemerintahan.

Zulkifli mengatakan bahwa berada di luar pemerintahan sama terhormatnya dengan yang berada di dalam pemerintahan. Meski demikian, bukan berarti posisi PAN yang berada diluar pemerintahan akan menjadi ‘musuh’ atau penghalang bagi pemerintah.

Ketua umum PAN ini juga menegaskan sejak awal pemerintahan (Jokowi – JK) ini berjalan, PAN memposisikan untuk bermanfaat bagi kemajuan politik dalam negeri.

“Saya selalu mengatakan, PAN berada di luar pemerintahan. Itu sama terhormatnya (jika bergabung bersama pemerintah),” kata dia, saat ditemui di kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu (1/7).

Dengan berada di luar pemerintahan, PAN tidak serta merata menolak untuk memberikan atau diminta kontribusi yang baik bagi pemerintah. PAN berjanji akan memberikan dukungan kepada pemerintah selama program pemerintah sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat.

Namun sebaliknya, PAN juga akan menarik dukungan dan mengkritisi kebijakan yang dianggap memberatkan masyarakat. “Jadi tidak kalah terhormat, yang penting kita deng-an pemerintah itu yang kritis. Jadi itulah posisi PAN,” sambung dia.

Wacana Reshuffle Kabinet Kerja muncul setelah Presiden Jokowi mendapat laporan kinerja para menterinya, beberapa nama akan dicopot dan adapula yang akan digeser. Untuk mengamankan dukungan politik nonpemerintah, Jokowi disarankan merangkul PAN untuk menempati salah satu pos menteri di Kabinet Kerja.#

Facebook Comments