MUI
AdalahPay

SatuNusaNews – Wacana diadakan Kalender Islam Tahunan di Indonesia dilontarkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin selepas sidang Isbat di kementrian Agama Jakarta.

Beliau  menjelaskan bahwa Kalender Islam mutlak diperlukan agar tidak terjadi kontroversi saat penentuan awal bulan. Din juga mendorong pemerintah indonesia menjadi pelopor bagi dunia untuk menggunakan kalender Islam Internasional.

“Ke depan mutlak perlu sistem kalender Islam. 1 Muharram sampai akhir tahun, jadi tidak perlu penetapan eceran. Ini dampak ekonomis luar biasa. Tidak ada sistem kalender Islami bisa merugikan bisnis,” kata Ketua Umum MUI Din Syamsuddin yang dikutip dari Rakyat Merdeka, Kamis malam (16/7).

Lebih jauh Din Syamsuddin menjelaskan, di forum internasional, sistem kalender Islam sudah ditetapkan dengan titik pusat di Mekkah. Karenanya, MUI mengusulkan Kementerian Agama juga mengikuti hal tersebut.

“Ini bukan urusan NKRI tapi dunia Islam, dan Islam watak rahmatan lil alamin,” jelas Beliau yang juga ketua umum PP Muhammadiyah. #

Facebook Comments