AdalahPay

SatuNusaNews – Persiapan jalur mudik lebaran 2015  hampir seluruhnya telah siap untuk dilalui para pemudik. Khusus untuk wilayah Jawa Barat kondisi jalan sudah selesai diperbaiki.

Pada tinjauan langsung, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana menilai bahwa sepanjang jalur mudik wilayah Jawa Barat sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Mulai dari jalan arteri maupun jalan tol sudah siap untuk dilalu para pemudik.

“Sejumlah perbaikan yang dilakukan sudah selesai dan siap dilalui pemudik. Kondisi jalur Pantura Jabar sudah mantap atau sudah dalam kondisi baik,” kata Yudi usai meninjau langsung kondisi fisik jalan tol maupun arteri melalui perjalanan darat dari Jakarta – Cirebon, Jumat (03/07) lalu seperti dikutip dari laman RMOL.

Namun demikian, potensi kemacetan saat mudik lebaran masih bisa terjadi. Kemacetan diprediksi akan terjadi pada titik persimpangan, putaran, dan daerah yang langganan menjadi pasar tumpah.

Di jalur Cirebon pasar tumpah sering terjadi di Pasar Tegalgubug, Pasar Minggu Palimanan, Pasar Jamblang, Pasar Batik Weru, Pasar Kue Plered, Pasar Gebang dan Losari.

“Potensi macet di jalur Pantura masih akan terjadi akibat banyaknya titik persimpangan, putar balik (u-turn), dan pasar tumpah. Itu harus diantisipasi khususnya  puncak arus mudik Idulfitri 2015 karena berpotensi membuat kendaraan tersendat,” ujar politisi PKS ini.

Untuk itu, Yudi menghimbau agar Pemerintah daerah bersiap untuk  mentertibkan pasar tumpah yang kerap terjadi menjelang hari raya. Yudi juga menambahkan bahwa kondisi terminal dan fasilitas tol masih kurang dimaksimalkan pemanfaatannya. Di terminal Cirebon masih dianggap cukup memprihatinkan kurangnya pengelolaan dan optimalisasi terminal itu sendiri.

Untuk fasilitas tol, Yudi menyoroti persoalan kurangnya rest area yang ada di Tol Cipali, karena pentingnya rest area bagi pemudik, diharapkan pihak pengelola dapat segera menyelesaikan tempat istirahat agar dapat digunakan ketika arus mudik  tiba.

“Oleh karena itu hendaknya diantisipasi mengingat kebutuhan para pemudik untuk beristirahat dan memulihkan stamina sebelum melanjutkan perjalanan,” imbuh Yudi. #

Facebook Comments