AdalahPay

Gambar: CAASTRO/ Mats Bjorklund

SatuNusaNews – Pelajar Australia menegaskan bahwa tabung plasma raksasa mengambang di atas Bumi Ini  sungguh besar.

Para astronom untuk pertama kalinya telah memperoleh bukti visual dari keberadaan suatu bentuk struktur tabung plasma di bagian dalam lapisan magnetosfer yang mengelilingi Bumi.

“Selama lebih dari 60 tahun, para ilmuwan percaya struktur ini ada tapi baru dapat dibuktikan oleh pencitraan mereka untuk pertama kalinya, kami diperlihatkan bukti visual bahwa mereka (tabung plasma raksasa) benar- benar ada di sana,” Cleo Loi dari Pusat CAASTRO dan Sekolah Fisika di University of Sydney mengatakan.

Loi adalah penulis utama penelitian ini, dilakukan sebagai bagian dari pemenang penghargaan skripsi dan diterbitkan dalam journal Geophysical Research Letters.

“Penemuan struktur ini penting karena mereka bisa menyebabkan terjadinya distorsi sinyal yang tidak diinginkan, sebagai salah satu contoh, distorsi sinyal ini dapat mempengaruhi sistem navigasi sipil dan militer  yang berbasis satelit. Jadi kita perlu memahami mereka,” katanya.

Struktur plasma dijelaskan dalam klip ini:

Wilayah ruang di sekitar Bumi ditempati oleh medan magnet, yang disebut magnetosfer, diisi dengan plasma yang terbentuk dari atmosfir yang terionisasi oleh sinar matahari.

1433177712286Lapisan terdalam dari magnetosfer adalah ionosfer, dan di atasnya adalah plasmasphere. Mereka tebuat dengan berbagai bentuk aneh struktur plasma, termasuk yang berbentuk tabung.

“Kami telah mengukur posisi mereka kira-kira sekitar 600 km di atas tanah, di atas ionosfer, dan mereka tampaknya terus ke atas ke dalam plasmasphere. Ini adalah sekitar di mana tempat terakhir atmosfir yang netral, …” kata Loi.

Loi telah dianugerahi 2015 Book Prize dari Astronomical Society of Australia untuk karyanya

– sciencealert.com

Facebook Comments