AdalahPay

SatuNusaNews – Pada tanggal 24 Juni 2015, Kejaksaan Agung mengeluarkan siaran pers melalui KEPALA PUSAT PENERANGAN HUKUM, Jaksa Utama Muda, TONY T SPONTANA, S.H., M.Hum, mengenai :

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengadaan Sarana Olahraga Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Kemenpora Tahun Anggaran 2011.

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam kegiatan Pengadaan Sarana Olahraga Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Tahun Anggaran 2011 berupa Peralatan Sport Science di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan dua orang Tersangka yaitu Tersangka RL – Direktur Utama PT. Artha Putra Arjuna (Mantan Direktur Utama PT. Suramadu Angkasa Indonesia), dan Tersangka B – Mantan Asisten Deputi Pengembangan Prasarana dan Sarana Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI., untuk hari Rabu, 24 Juni 2015, sebagai berikut:

1. Penyidik telah mengagendakan pemeriksaan 4 (empat) orang Saksi, yaitu:

· Rusmadi – Mantan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Olahraga Prestasi, Deputi Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora.

· Bambang Siswanto – Kepala Bidang Pengembangan Penghargaan Keolahragaan Kemenpora (Mantan Kepala Bidang Pengembangan Prasarana dan Sarana Olahraga Rekreasi Kemenpora).

· Hesty Lesniar – Verifikator pada Biro Perencanaan & Organisasi Kemenpora.

· Endah Kurniawati – Tenaga Honorer pada Asisten Deputi Pengembangan Prasarana dan Sarana Keolahragaan Kemenpora.

2. Keempat Saksi hadir memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 09.00 Wib, dan pemeriksaan pada pokoknya mengenai :

· Kronologis pelaksanaan dan proses pelelangan dalam mencari perusahaan pemenang dalam Pengadaan Sarana Olahraga Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Tahun Anggaran 2011 berupa Peralatan Sport Science di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, mengingat kedudukannya selaku Ketua Tim Panitia Pengadaan (Saksi Rusmadi)

· Kronologis dari keberadaan dan keikutsertaan Saksi yang diperintahkan oleh Tersangka Brahmantory untuk penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Peralatan Sport Science (Saksi Bambang Siswanto)

· Kronologis dari pelaksanaan verifikasi dan klarifikasi administrasi hasil pelaksanaan pekerjaan Pengadaan Sarana Olahraga Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Tahun Anggaran 2011 berupa Peralatan Sport Science di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI oleh perusahaan pemenang lelang sebelum mendapat persetujuan pembayaran prestasi atas pekerjaannya oleh Pejabat Pembuat Komitmen yang dijabat oleh Tersangka Brahmantory (Saksi Hesty Lesniar).

· Kronologis pembuatan administrasi-administrasi kegiatan Pengadaan Sarana Olahraga Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Tahun Anggaran 2011 berupa Peralatan Sport Science di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dari perencanaan hingga selesainya kegiatan dalam membantu pelaksanaan tugas Tersangka Brahmantory selaku Pejabat Pembuat Komitmen (Saksi Endah Kurniawati).

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengadaan 16 Unit Mobil Jenis Electric Microbus Dan Electric Executive Car Pada PT. BRI (Persero), Tbk, PT. Perusahaan Gas Negara (PT.PGN), dan PT. Pertamina (Persero)

Perkembangan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam Pengadaan 16 Unit Mobil Jenis Electric Microbus dan Electric Executive Car pada PT. BRI (Persero), Tbk, PT. Perusahaan Gas Negara (PT.PGN), dan PT. Pertamina (Persero) dengan dua orang Tersangka yaitu Tersangka AS – Direktur Utama PERUM Perikanan Indonesia, dan Tersangka DA – Direktur PT. Sarimas Ahmadi Pratama, untuk hari Rabu, 24 Juni 2015, sebagai berikut :

1. Penyidik telah mengagendakan pemeriksaan:

a. Dua orang Tersangka yaitu:

· AS – Direktur Utama PERUM Perikanan Indonesia (Mantan Kepala Bidang Program Kemitraan & Bina Lingkungan – Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan)

· DA – Direktur PT. Sarimas Ahmadi Pratama, dan

b. Satu orang Saksi atas nama Imam A. Putro – Sekretaris Kementerian BUMN

2. Tersangka DA tidak dapat hadir memenuhi panggilan penyidik dengan alasan pada waktu yang bersamaan sudah dijadwalkan untuk pemeriksaan gigi pada dokter gigi sehubungan dengan sakit gigi yang diderita dan meminta untuk dijadwal ulang pada tanggal 8 Juli 2015 sebagaimana Surat tertanggal 22 Juni 2015, perihal Permohonan Penundaan Pemeriksaan yang ditandatangani oleh Tersangka selaku PT. Direktur PT. Sarimas Ahmadi Pratama.

3. Tersangka AS dan Saksi Imam A. Putro tidak hadir  memenuhi panggilan penyidik tanpa keterangan tertulis.

4. Sebagai informasi, penggeledahan yang dilakukan tim Penyidik di Kantor PT. Sarimas Ahmadi Pratama beralamat Jalan Jati Mulya No. 52, Kampung Sawah, Cilodang, Kota Depok, Jawa Barat. Pada tanggal tanggal 18 Juni 2015 telah ditindaklanjuti dengan melakukan penyitaan dan Penitipan Barang Bukti berupa 8 unit Mobil dalam bentuk :

a. 3 Unit Mikrobus Electric Car yang berasal dari dana PT. Perusahaan Gas Negara (PT.PGN).

b. 1 Unit Mikrobus Electric Car Solar Cell yang berasal dari dana PT. Perusahaan Gas Negara (PT.PGN).

c. 1 Unit Eksekutive Electric Car yang berasal dari dana PT. Perusahaan Gas Negara (PT.PGN).

d. 2 Unit Mikrobus Electric Car yang berasal dari dana PT. BRI.

e. 1 Unit Mikrobus Electric Car Solar Cell yang berasal dari dana PT. BRI.

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi & Tindak Pidana Pencucian Uang Dalam Pembangunan Asrama 5 Lantai dan Gedung Serba Guna Kantor LPPKS Indonesia TA 2012

Perkembangan penyidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang dalam Pembangunan Asrama 5 lantai dan Gedung Serbaguna Kantor Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia Tahun Anggaran 2012 atas nama Tersangka GS – Kasubag Umum pada Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk hari Rabu, tanggal 24 Juni 2015 adalah sebagai berikut :

1. Tim Penyidik telah mengagendakan pemeriksaan tiga orang Saksi, yaitu:

· Imran Rosadi – Kepala Bank BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Senayan.

· Suprihati – Kepala Bank BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Fatmawati.

· Sandy Sidartha – Kepala Bank BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Margonda Depok

2. Ketiga Saksi hadir memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 09.50 Wib dan pemeriksaan pada pokoknya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penelusuran Tim penyidik terhadap aliran asset yang diduga milik Tersangka di dalam perputaran transaksi keuangan pada beberapa Kantor Cabang Utama Bank BNI termasuk uang yang diterima Tersangka dari PT. Adi N Pembangunan Asrama 5 lantai dan Gedung Serbaguna Kantor Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia Tahun Anggaran 2012 ugroho Konstruksindo selaku pelaksana Pembangunan Asrama 5 lantai dan Gedung Serbaguna Kantor Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia Tahun Anggaran 2012.

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010

Perkembangan penyidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010 dengan dua orang Tersangka yaitu Tersangka Z – Direktur PT. Sindang Muda Serasan, dan Tersangka MT – Direktur Rumah Sakit Umum Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi (Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan selaku Kuasa Pengguna Anggaran Muaro Jambi Tahun 2010), untuk hari Rabu, 24 Juni 2015, sebagai berikut :

1. Penyidik telah mengagendakan pemeriksaan lima orang Saksi dari Tim Panitia Pemeriksa/Penerimaan Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010, yaitu :

· Linda Wati – Ketua Panitia Pemeriksa/Penerimaan Barang

· Adrianto – Sekretaris Panitia Pemeriksa/Penerimaan Barang Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010

· Marzuki – Anggota Panitia Pemeriksa/Penerimaan Barang Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010

· Ujang K – Anggota Panitia Pemeriksa/Penerimaan Barang Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010

· Edy – Anggota Panitia Pemeriksa/Penerimaan Barang Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010.

2. Kelima Saksi hadir memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 10.00 Wib, dan pemeriksaan pada pokoknya mengenai kronologis pelaksanaan tugas para Saksi dalam melakukan penerimaan dan pemeriksaan kelayakan 36 jenis alat kesehatan sejumlah 80 unit yang dilaksanakan oleh PT. Sindang Muda Serasan selaku pemenang lelang Pengadaan Alat Kesehatan Pelayanan Rujukan (Rumah Sakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2010 termasuk laporan pelaksanaan kegiatan.

Perkembangan Penyidikan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit pada Deputi Bidang KB dan KR, BKKBN, TA 2013 dan 2014

Perkembangan penyidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan lima orang Tersangka yaitu Tersangka SW – PNS (Kasubdit Akses dan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana Wilayah Tertinggal, Terpecil dan Perbatasan (GALCILTAS) BKKBN), Tersangka WAW – PNS (Kasi Standarisasi Pelayanan Keluarga Berencana Jalur Pemerintah), Tersangka S – Kepala Cabang PT. Rajawali Nusindo, Tersangka Sd – Direktur Utama PT. Hakayo Kridanusa, Tersangka SP – Direktur Operasional PT. Pharma Solindo, dan Tersangka HS – Direktur CV. Bulao Kencana Mukti untuk hari Rabu, 24 Juni 2015, sebagai berikut :

1. Penyidik telah mengagendakan pemeriksaan empat orang Saksi, yaitu :

· Karnasih Tjiptaningrum – Sekretaris Tim Panitia Pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, BKKBN TA. 2014.

· Dewi Sasmita – Anggota Tim Panitia Pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, BKKBN TA. 2014

· M. Arfan – Anggota Tim Panitia Pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, BKKBN TA. 2014

· Ngatimin – Anggota Tim Panitia Pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, BKKBN TA. 2014

2. Keempat Saksi hadir memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 10.00 Wib dan pemeriksaan pada pokoknya mengenai kronologis pelaksanaan pelelangan untuk mencari perusahaan pemenang dalam pengadaan Intrauterine Device (IUD) Kit Tahun 2014 pada Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk kebutuhan 2900 set IUD Kit hingga memenangkan PT. Rajawali Nusindo. #

(Yudi Permana)

Facebook Comments