AdalahPay

SatuNusaNews – Jagad tweetland seharian ini riuh dengan komentar kicauan seorang presiden. Melalui akun yang diakui sebagai akun resminya , Presiden Joko Widodo membuat kicauan pertamanya. Namun sayang, kicauan sang Presiden tersebut malah menciptakan kontroversi.

Pada hari ini Ahad (21/06) pukul 04.22 Presiden Jokowi melakukan kicauan pertamanya, “Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw.” Twit tersebut tepat pada hari ulang tahun Presiden Jokowi yang ke 54 tahun.

Tidak ada yang istimewa dari kicauan tersebut, selain klaim bahwa kicauan tersebut adalah kicauan pertamanya. Namun anehnya, akun tersebut tiba-tiba sudah memiliki 2,89 juta follower. Inkonsistensi tentang penjelasan akun tersebut tumpang tindih.

Melalui akunnya @setkabgoid, Sekretaris Kabinet menjelaskan bahwa akun twitter presiden bukanlah akun baru, namun perubahan dari akun @jokowi_do2. “2.Tweet pertama pd akun terverifikasi ini jadi penanda bhw Presiden Jokowi scara resmi kembali aktif di akun media sosial

Terlebih lagi dari keterangan akun terlihat bahwa akun tersebut dibuat pada September 2011. Redaksi sendiri tidak pernah follow akun tapi terllihat sebagai follower akun tersebut. Redaksi sebelumnya follow akun @jokowi_do2. Dari fakta tersebut, jelaslah bahwa akun tak lain adalah nama lain dari akun @jokowi_do2.

twitter jokowi @jokowi

Hal ini berkebalikan dengan pernyataan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto pada Januari 2015 yang menyatakan bahwa presiden tidak pernah memiliki akun twitter dan facebook. (Baca: Pernyataan Seskab Tak Jelas, Jokowi Memang Punya Akun Twitter dan Facebook)

Berikut adalah rangkaian twit @setkabgoid:

Selamat pagi tweeps. Berikut kami sampaikan siaran pers tentang simak ya.

1. Stlh 6 bln jbat sbg Presiden ke-7,Presiden Jokowi men-tweet pertma pd akun resmi pgi (21/6) saat sahur dgn kluarga

2.Tweet pertama pd akun terverifikasi ini jadi penanda bhw Presiden Jokowi scara resmi kembali aktif di akun media sosial

3.Kembalinya Presiden Joko Widodo ke Twitter adalah untuk berkomunikasi & berbagi informasi dgn masyarakat di Indonesia

4.Slain itu, jg sampaikan pikiran,kebijakan,kemajuan dr program2 aksi pemerintah & topik ringan seputar kehidupan Presiden

5.Saya memang sdh cukup lama tidak aktif di Twitter. Di bulan suci Ramadan ini, sy terinspirasi untuk mulai aktif kembali

6.Selain itu, tujuan aktifkan adlh untuk menyampaikan berbagai kegiatan dan pemikiran untuk bangsa

7.Presiden jg ingin dpt masukan langsung dr masy. mengenai persoalan2 di lapangan yg mungkin luput dr perhatian pemerintah

8.Twitter punya 302 juta pengguna aktif di seluruh dunia & lebih dr 20 juta pengguna aktif di Indonesia (per Juni 2015)

9.Untuk itu, Twitter jd salah satu platform media sosial yg dipilih Presiden Jokowi untuk berkomunikasi dgn publik

10. Selain Twitter, Presiden Jokowi juga menggunakan akun resmi Facebook terverifikasi untuk keperluan yang sama

11.Penggunaan Twitter & Facebook oleh Presiden Jokowi diharapkn bs jawb kebutuhn transpransi komunikasi Presiden kpd masy.

12.Keberadaan akun media sosial bagi para pejabat negara dipandang penting sebagai sarana informasi dan komunikasi

13.Selain itu, juga untuk menyampaikan berbagai program aksi kebijakan dan kemajuannya kepada masyarakat

14. Tweet perdana ini juga bertepatan dengan ulang tahun Presiden yang ke-54

15. Demikian kultwit ttg Selamat ultah ke-54 Pak Presiden Selamat melanjutkan aktivitas tweeps. Salam.

Tentu saja penjelasan Seskab tersebut berseberangan dengan pernyataan dia sebelumnya yang menyatakan bahwa presiden tidak pernah punya akun Twitter dan Facebook.

Sayang sekali, di hari pertama usia yang ke 54 tahun presiden Joko Widodo di bulan yang suci ini harus memulainya dengan kontroversi.

Facebook Comments