AdalahPay

SatuNusaNews – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf meminta agar seluruh siswa yang berkompetisi pada Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) agar dapat berkompetisi dengan baik serta memperoleh prestasi tinggi.

Tujuannya, agar dapat merebut kembali juara umum tingkat nasional. “Jatim harus merebut kembali juara umum O2SN dan FLS2N yang tahun lalu juaranya dipinjam oleh Jawa Barat,” ungkapnya pada saat membuka O2SN dan FLS2N SMP dan SMA tingkat Provinsi Jawa Timur di Hotel Utami, Senin (01/06).

Ia mengatakan, Jatim selama 7 tahun berturut turut menjadi Juara Umum, akan tetapi pada tahun 2014 prestasinya diambil oleh Jawa Barat. Provinsi Jatim telah dikenal secara nasional sebagai provinsi tempat pencetak atlet-atlet handal. O2SN dan FLS2N harus menjadikan Jatim sebagai ladang lahirnya prestasi-prestasi di segala bidang.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul juga mengapresiasi atas banyaknya siswa yang mengikuti O2SN dan FLS2N. “Sesungguhnya kalian adalah pemenang karena juara di tingkat Kab/Kota. O2SN dan FLS2N ini merupakan panggung prestasi bagi siswa-siswa terampil. Orang bisa dikatakan pintar jika memiliki keahlian dan keterampilan yang ditunjang dengan ahlak yang baik,” ungkapnya.

Menurutnya, menjadi pintar saja tidaklah cukup harus disertai dengan etika maupun perilaku yang sopan serta berahlak mulia. Siswa selain berahlak mulia juga harus memiliki keterampilan di bidang tertentu, salah satu contohnya yakni keahlian di bidang olahraga maupun seni.

Bahkan mereka yang memiliki keterampilan di bidang IT dan berahlak yang baik, dialah yang disebut pemenang selanjutnya. “Kalian harus memiliki keterampilan yang mumpuni, terutama keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja,” tegasnya. Kepada siswa, atlet dan oficial yang akan bertanding, Gus Ipul berpesan agar menjaga semangat tanding dan menjunjung tinggi sportifitas. Semua yang mengikuti kompetisi ini harus berusaha sportif dan menampilkan prestasi sebaik-baiknya.

Gus Ipul berharap, O2SN dan FLS2N keberadaanya harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta yang mengikuti kompetisi. Bahkan manfaatnya bisa dirasakan nanti pada 10-20 tahun mendatang. “Saya percaya, generasi muda saat ini adalah generasi yang memiliki keahlian dan keterampilan yang mumpuni,” jelas Gus Ipul.

Sependapat dengan Gus Ipul, Kepala Dinas Pendidikan Prov Jatim Dr. Saiful Rachman mengatakan, bahwa O2SN dan FLS2N tahun ini Jatim harus merebut kembali juara umum pada kejuaraan tingkat nasional. “Sejak diselenggarakannya O2SN dan FLS2N pada 9 tahun yang lalu, sebanyak 7 kali, Jatim selalu menjadi juara umum. Hanya, pada tahun 2014, Jatim gagal mempertahankannya dan direbut oleh Jabar. Ke depan, ditargetkan pada tahun ini juara umum bisa kembali lagi di Jatim,” tegasnya.# (Yudi)

Facebook Comments