AdalahPay

SatuNusaNews – Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat dengan mengerahkan perukyat di puluhan titik rukyatul hilal di Indonesia,untuk mengetahui kapan 1 ramadhan 1436 H.

Sejatinya hasil sidang itsbat sore ini bisa ditebak hasilnya dengan mudah karena menurut data hisab Tinggi hilal saat matahari terbenam di Indonesia pada 16 Juni 2015 berkisar antara 2,23 derajat sampai 4,33 derajat di bawah ufuk Barat. Umur bulan belum ada karena ijtima’ terjadi setelah matahari terbenam, yaitu pukul 21.05 WIB. Sudut elogasi (jauh bulan ke matahari) saat terbenam matahari berkisar antara 5,36 – 6,10 derajat sehingga dipastikan hilal tidak terlihat oleh para perukyat.

Sementara itu Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas meyakini, hasil sidang itsbat yang dilaksanakan pemerintah untuk menentukan tanggal jatuhnya 1 Ramadhan nanti tidak akan berbeda dengan tanggal yang ditetapkan oleh PP Muhammadiyah.

Yunahar mengatakan, pada waktu Magrib, bulan masih berada dua derajat di bawah ufuk. Sementara pemerintah biasanya menetapkan mulainya Ramadhan bila bulan minimal sudah berada dua derajat di atas ufuk.

“Enggak mungkin pemerintah mau beda. Pemerintah itu minimal dua derajat di atas ufuk, ini dua derajat di bawah ufuk, jadi mustahil ada beda,” ujar Yunahar.

Seperti diketahui, PP Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menetapkan tanggal mulainya Ramadhan 1436 H pada 18 Juni.# (sp.com)

Facebook Comments