AdalahPay

SatuNusaNews – Kementerian Pertahanan China telah mengkonfirmasi pengujian terbaru dari sistem pengiriman berkemampuan nuklir hipersonik.

Kendaraan meluncur hipersonik, dijuluki “Wu-14” oleh Pentagon, berhasil melewati pengujian keempat pada tanggal 7 Juni, demikiam menurut presstv melaporkan pada hari Minggu.

Sistem strategis yang sangat canggih yang mampu melakukan perjalanan di lebih dari 12.000 kilometer per jam, yang kira-kira 10 kali kecepatan suara.

Menurut laporan, selama tes terbaru, rudal berhasil melakukan manuver yang menunjukkan kemampuan untuk menembus sistem pertahanan rudal.

Sistem pertahanan rudal AS saat ini hanya mampu melawan rudal balistik dengan lintasan diprediksi, tidak untuk melawan Wu-14.

Menurut laporan di koran secara online yang berbasis di AS Washington Gratis Beacon, pejabat intelijen AS telah menggambarkan tes sebagai “manuver ekstrim.”

“Wu-14 … dirancang untuk menembus sistem pertahanan rudal Amerika Serikat, yang berarti PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) mampu mempertahankan kedaulatan wilayah China,” dikutip dari spesialis kebijakan pertahanan di Universitas Shanghai, Profesor Dia Qisong, mengatakan.

Kementerian Pertahanan China membantah tuduhan tersebut dengan mengatakan bahwa “penelitian ilmiah yang dijadwalkan dan eksperimen di wilayah kita adalah normal, dan tes tersebut tidak ditargetkan pada negara dan tujuan tertentu.” (#)

Facebook Comments