SatuNusaNews – Tokoh muda Aceh, Zaenal Abidin berharap dunia internasional memberi perhatian yang cukup atas pelanggaran kemanusiaan yang terjadi di Myanmar terhadap etnis Muslim Rohingya.

Melalui pesan singkat BBM, Zaenal yang kini duduk sebagai anggota DPR Aceh asal Aceh Barat mengharap pemerintah pusat segera menangani pengungsi terutama bantuan tanggap darurat berupa sandang, pangan, papan, dan bantuan medis Rohingya yang saat ini berada di Aceh. Pengungsi Rohingya berasal dari Negara Myanmar dimana masyarakat dan pemerintahnya menolak mengakui etnis Rohingya sebagai warga negara.

Negeri yang mayoritas penduduknya penganut Budha diduga melakukan praktik penghapusan etnis atau genosida di Myanmar. Sudah ribuan Muslim Rohingya dibantai sehingga mereka hidup dalam ketakutan. Puluhan ribu warga mencoba melarikan diri keluar negeri, diantaranya menggunakan kapal laut mencoba lari ke negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Namun malang, kehadiran mereka ditolak sehingga terkatung-katung di tengah lautan dalam kondisi memprihatinkan.

Beruntung, kapal para pengungsi ditemukan oleh nelayan Aceh dan kemudian ditarik ke daratan Kota Langsa dan sekitarnya.

“Kita mendesak pemerintah pusat untuk segera menangani pengungsi rohingnya secara cepat terutama bantuan tanggap darurat. Baik itu berupa sandang, pangan, papan dan bantuan medis yg diperlukan para pengungsi,” harap politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

“Selanjutnya kita minta pemerintah pusat utk memberikan bantuan politik dengan cara menekan pemerintah Myanmar melalui lembaga Asean dan PBB agar segera menghentikan pengusiran dan genosida rakyat Rohingnya. Selanjutnya agar rakyat Rohingnya diakui sebagai warga Myanmar,” sarannya kepada pemerintah pusat.

Tidak cukup sampai disitu, Zaenal Abidin merasa perlu ada tindakan hukum untuk mencegah kejadian yang sama terulang kembali. “Kita juga meminta agr PBB mendatangkan tim investigasi independen utk menyelidiki kasus genosida ini dan membawanya ke peradilan internasional. Kita juga meminta lembaga HAM nasional dan internasional utk membantu kasus genosida yg terjadi di myanmar,” pintanya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada rakyat dan pemerintah Aceh yang begitu cepat membantu rakyat Rohingnya. #

Facebook Comments