SatuNusaNews –  Tim SAR menyiapkan cara evakuasi korban ,Erry Yunanto (21) dari puncak Merapi menuju Pos Pasar Bubrah atau berjarak sekitar 600 meter, kemudian baru dilakukan estafet menuju base camp di New Selo. Cara evakuasi tersebut  dengan ditandu kemudian diestafet ke bawah untuk mempercepat perjalanan.

Pihak keluarga Erry Yunanto tidak menghendaki jasad korban untuk dilakukan otopsi. Dan meminta agar jasad Erry langsung dibawa pulang ke rumah duka di Kampung Mbiru Kabupaten Sleman.

Berdasarkan informasi yang diterima, menyebutkan bahwa Tim SAR yang membawa jasad Erry hingga sekitar pukul 15.45 WIB sudah melintas di Pos pertama Gunung Merapi.

Menurut Basuki salah satu anggota dari Badan SAR Nasional (Basarnas), regu SAR sudah lepas dari Pos 1 pada pukul 15.45 WIB. Rombongan diperkirakan akan menempuh perjalanan sekitar satu jam lagi tiba di Posko New Selo.

“Kami perkirakan jasad korban tiba di Posko sekitar pukul 16.45 WIB, perjalanan normal. Jarak tempuh Pos 1 hingga Posko sekitar 30 menit hingga satu jam,” kata Basuki.

Seperti Informasi yang didapat dari Antara, Tim SAR mulai melakukan evakuasi sekitar pukul 06.00 WIB hingga berhasil mengangkat tubuh korban ke bibir kawah sekitar pukul 11.40 WIB. Regu SAR yang turun ke kawah tersebut dengan dilengkapi perlengkapan baju antiapi dan bantuan pernafasan tabung oksigen sebagai antisipasi suhu panas dan gas beracun.#

Facebook Comments