AdalahPay

SatuNusaNews – Ormas Muhammdiyah telah berhasil dalam melakukan uji material Undang Undang No 21 tahun 2012 tentang Minyak dan Gas ke Mahkamah Konstitusi karena dianggap bertentangan dengan UUD 1945.

Imbasnya, kebijakan pemerintah Jokowi yang seenakanya menurunkan dan menaikan harga bahan bakar dengan alasan disesuaikan dengan harga pasar jelas melanggar konstitusi dan menyengsarakan rakyat. Langkah Ormas Muhammadiyah menguji kebijakan pemerintah melalui Mahkamah Konstitusi adalah langkah elegan dan konstitusional.

Konstitusi kita memberikan celah kebijakan dan aturan yang dibuat senatiasa melibatkan masyarakat. Ketika dianggap bertentangan masyarakat punya hak mengujinya. Langkah Muhammadiyah semoga diikuti oleh elemen masyarakat lain termasuk ormas islam lainnya melakukan hal yang sama. Banyak UU yang lahir sangat pro investasi asing dan swasta dengan abai terhadap kesejehteraan masyarakat. misalnya saja UU Penataan Ruang.

UU Penataan Ruang misalnya yang syarat akan kepentingan asing, sehinga asing dengan mudah berinvestasi dan menguasai Bumi dan lahan yang di Indonesia. Berapa banyak lahan dan wilayah di bumi pertiwi dikuasai oleh Investasi asing. Kita bukannya anti asing, tetapi tujuan utama Negara ini hadir untuk mensejahterakan masyarakat. Kalau tujuan in tidak diupayakan pertanyaan besarnya buat apa ada Negara?..

Memang bukan hal yang mudah dalam proses pembentukan dan pengelolaan ruang serta pemanafaatannya. Negosiasi, saling singgung, dan kesepakatan oleh banyak pihak sangat dimungkinkan karena beberapa faktor yang melatar belakanginya. Kekuasaan dalam relasi sosial pengelolaan ruang bukanlah sesuatu yang dapat dimiliki oleh siapapun, karena setiap aktor termasuk Negara dapat memainkan kekuasaan dalam interaksi dengan lainnya. Kekuasaan tersebut dapat berpindah dengan cepat dari satu tempat ke tempat lainnya, dari satu peristiwa ke peristiwa lainnya, tergantung pada jejaring, situasi yang ada,.

Dalam konteks inilah masyarakat sudah seharusnya dapat membanguan aliansi strategis dengan upaya yang elegan dan konstitusional seperti yang telah dilakukan Muhammadiyah dan ormas lainnya dalam melakukan uji kebijakan pemerintah. Semoga. #

Facebook Comments