SatuNusaNews –  Ternyata selama ini kita sudah salah kaprah menyikapi bagaimana sebenarnya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sok modern yang kita tiru saat ini dari budaya barat adalah buang air besar dengan cara duduk, ditambah lagi toilet yang kering plus wangi.

Ternyata, Ahli Mikrobiologi yang juga penulis buku sensasi ini, Giula Enders menjelaskan buang air secara jongkok hampir  tidak memiliki masalah divertikulosis, dan lebih sedikit masalah dengan penimbunan kotoran.

Enders juga menjelaskan di dalam buku bagaimana manusia sebenarnya memiliki dua sfingter, cincin serat otot yang terletak di sekitar pembukaan dalam tubuh yang mengatur perjalanan zat,  di dalam dan luar.

Mendengarkan apa yang dikatakan sfingter kepada kita adalah salah satu cara termudah menghindari sembelit, kata Enders

Di saat kita dapat mengontrol sfingter luar, sfingter bagian dalam akan bergerak otomatis. “Mengabaikan sfingter bagian dalam, jika Anda khawatir seseorang mungkin mendengar Anda buang air besar,  sfingter bagian luar akan dengan baik menghentikannya berfungsi,” kata Enders.

Seperti yang dikutip di CNN, Enders belajar di Universitas Frankfurt untuk gelar doktornya di bidang mikrobiologi. Dia benar-benar terobsesi dengan usus, bakteri usus, dan kotoran. Buku Enders yang berjudul, Gut: The Inside Story of Our Body’s Most Underrated Organ dipublikasikan di Inggris secara online mulai 24 Mei. #

Facebook Comments