SatuNusaNews – Saksi pada sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan bus transjakarta yang menjerat mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono menyatakan, tidak ada peran Udar dalam proyek pengadaan bus TransJakarta.

Ketua panitia lelang pengadaan bus transjakarta, Gusti Ngurah Wirawan mengungkapkan, Udar Pristono tidak pernah melakukan intervensi padanya untuk memenangkan salah satu pihak dalam lelang pengadaan bus transjakarta periode 2012-2013.

Hal ini diungkapkannya saat memberikan kesaksian dalam lanjutan sidang kasus dugaan korupsi pengadaan bus transjakarta yang menjerat Udar Pristono, mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada periode itu sebagai mana dikutip dari laman Kompas ,  Rabu (06/05) .

“Kepala Dinas tidak pernah mengatur, tidak pernah intervensi maupun melobi kami panitia untuk membuat sebuah keputusan,” kata Gusti di dalam ruang sidang lantai 1 Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Rabu (06/05) sore.

Namun, Gusti mengungkapkan bahwa kegiatan lelang sempat diulang beberapa kali karena ada perusahaan yang tidak memenuhi persyaratan.

“Saya lupa tepatnya tetapi ada lelang ulang karena tidak memenuhi persyaratan. Sekitar tiga atau empat kali gitu,” kata Gusti pada majelis hakim yang dipimpin oleh Artha Teresia.

Sementara itu, pihak Udar Pristono mengapresiasi kesaksian yang diberikan oleh Gusti. Menurut Udar, Gusti berani bersikap untuk kesaksiannya siang itu.

“Saya puas dengan kesaksian dari tim panitia karena memberikan kesaksian yang independen mengenai tidak adanya intervensi dari saya tentang pengadaan transjakarta,” sebut Udar saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pengadaan bus TransJakarta menjadi pembicaraan di masyarakat mengingat kualitasnya yang buruk. Bus yang pengadaannya di era kepemimpinan Gubernur Joko Widodo ini dianggap bermasalah karena ketidakjelasan perusahaan pengadaaan yang disebut-sebut dekat dengan orang nomor satu di Indonesia.

Berulang kali bus asal Tiongkok ini terbakar dan mogok di jalanan ibukota, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya. #

Facebook Comments