SatuNusaNews – Nilai tukar rupiah kembali jeblok terhadap dolar AS pada perdagangan Senin (18/5). Sejauh ini rupiah kembali melemah di kisaran 13.139 per dolar AS. Rupiah sempat melemah hingga ke level 13.145 dan berada di posisi terkuatnya di level 13.070 per dolar AS.

Pengamat ekonomi dari IAIN Sumut Gunawan Benyamin mengatakan, rupiah jeblok akibat sentimen yang lebih memberikan tekanan dibandingkan data perekonomian yang cenderung meralisasikan angka positif. Sementara itu, dari domestik, BPS mengumumkan kinerja perdagangan luar negeri Indonesia akhir pekan lalu.

Seperti diketahui, laju penurunan impor yang lebih besar dari ekspor membawa neraca perdagangan Indonesia surplus dibulan April 2015. Ekspor April mencapai US$ 13,0 miliar (-8,5 persen secara tahunan), dan impor sebesar US$ 12,7 miliar (-22,3 persen secara tahunan), sehingga surplus perdagangan luar negeri tercatat sebesar US$ 454,4 juta.

“Data dari BPS tersebut tidak mampu menjadi penyeimbang bagi rupiah yang masih dibawah tekanan Dolar AS. Bahkan di akhir pekan kemarin sejumlah data AS lainnya juga tak kalah buruk,” katanya yang dikutip dari CNN.#
 

Facebook Comments