AdalahPay

SatuNusaNews – Pengurus Pusat Muhammadiyah mennggelar diskusi publik di tengah keprihatinan atas nasib pengungsi muslim Rohingya. Perlakuan tak beradab pemerintah Burma pada etnis Muslim Rohingya memaksa ribuan warganya eksodus keluar negerinya.

Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. M. Din Syamsudin, MA dalam sambutannya kembali mengusulkan solusi bagi masalah kemanusiaan etnis Muslim Rohingya. Din mengusulkan agar Indonesia menyediakan satu buah pulaunya untuk dihuni etnis Rohingya.

Diskusi bertajuk Nestapa Kemanusiaan Save Rohingya ini dihadiri perwakilan MUI, PBNU, Walubi, dan berbagai elemen masyarakat itu dilaksanakan di lantai 2 Gedung PP Muhammadiyah Kamis (21/05) kemarin mencoba membuka permasalahan di Burma dan menawarkan solusi bagi krisis kemanusiaan yang terjadi.

 

Berbagai permasalahan mendesak diungkapkan antara lain kondisi keamanan dan politik di Burma yang tidak bersahabat dengan etnis Rohingya hingga proses penyelamatan ribuan pengungsi yang sekarang ada di Propinsi Aceh. Kondisi pengungsi yang dalam kondisi memprihatinkan menjadi perhatian banyak pihak agar segera dibantu sesuai keperluannya.

Sebagai pembicara dalam diskusi publik tersebut Redaktur Gatra Asrori S Karni, Dr. Aviyanti azis, MS dari Fisip UI, Ketua PBNU sekaligus ketua MUI KH Slamet Effendy Yusuf, M.Si, dan Ketua Pemuda Muhammaiyah dr. Dahnil Simanjuntak. #

Facebook Comments