Megawati

SatuNusaNews – Mantan Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri  memberikan kuliah umum memperingati 50 Tahun Lembaga Ketahanan Nasional di Jakarta, Kamis lalu (28/5).

Dalam pidatonya , megawati mengatakan bahwa semangat perjuangan di jaman sekarang telah pudar. Mega membandingkan semangat perjuangan di jaman ayahandanya dulu bahwa semangat patriotisme itu selalu berkobar. Namun saat ini telah memudar, menurutnya.

“Setiap kali saya meneriakkan kata ‘merdeka!’, hadirin selalu menertawakan saya,” kata Mega di sela pidatonya.

Putri dari mendiang bapak bangsa Soekarno itu mengaku heran dengan respons generasi penerus orang tuanya yang terkesan apatis dengan teriakan semangat yang dikobarkan Mega.

Padahal, kata Mega, teriakan tersebut bukan sekadar slogan ucapan semata. Sebagai saksi sejarah perjuangan bangsa, Mega miris dengan terkikisnya makna gelora perjuangan dari teriakan kemerdekaan.

Tapi lain dulu, lain sekarang. Mega mendapati semangat perjuangan itu telah sirna, bahkan di jajaran prajurit militer sekalipun.

“Tentara sekarang ini melempem, lho. Saya kenal dengan jenderal-jenderal dulu. Mereka ganas-ganas, tapi juga pintar-pintar. Tapi kalau saya lihat yang sekarang, ya sori,” ujar Mega.# (CNN)

Facebook Comments