AdalahPay

SatuNusaNews – Turki memperingati 562 tahun penaklukan Istanbul oleh Kekaisaran Ottoman dalam sebuah upacara besar-besaran di Lapangan Yenikapı Istanbul Sabtu (30/05) sore waktu Turki.

penakluk konstantinopel 2Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Ketua Parlemen Cemil Çiçek dan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menghadiri upacara untuk menandai penaklukan oleh Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453.

Erdogan memulai pidatonya dengan membaca ayat-ayat dari Al-Fath yang berarti Penaklukan surah dari Al Quran.

Turki Star, tim aerobatik Angkatan Udara Turki melintasi langit Istanbul di atas kerumunan dua juta orang yang menghadiri perayaan tersebut.

Pada peringatan tersebut juga berbaris 562 orang pasukan yang mengenakan 14 seragam militer berbeda yang menunjukkan kesatuan dan pangkat yang berbeda dari pasukan militer Ottoman.

Pidato Erdogan selama acara juga diterjemahkan ke bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Perancis dan Rusia dan ditampilkan dalam layar raksana berukuran 500 meter persegi di atas panggung.

Istanbul, sebelumnya ibukota Kekaisaran Bizantium dan dikenal sebagai Konstantinopel ditaklukkan oleh Kekaisaran Ottoman di bawah kepemimpinan Sultan Mehmed II pada tanggal 29 Mei 1453. Demikian dikutip dari Sabah Daily. #

Facebook Comments