SatuNusaNews – Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mengembangkan Kampung Cyber diaerahnya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat serta menunjang perkembangan teknologi informasi dewasa ini.

“Sebenarnya Kampung Cyber di Purwakarta sudah lama berjalan melalui program KTP Online, namun kedepan akan lebih dikembangkan lagi dimana palayanan dan masyarakat akan menikmati melalui wifi yang akan dipasang disetiap pos kamling di Desa – desa.”, ujar Bupati purwakarta, Dedi Mulyadi,SHdi daerah setempat, Sabtu (09/05/2015).

Pemkab Purwakarta akan membangun 2.000 saung sawah dan pos kamling yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet, hal ini akan menandai sudah dimulainya era kampung cyber di purwakarta. Dedi Mulyadi mengharapkan dengan adanya saung-saung yang ada di area pesawahan yang sudah terkoneksi internet bisa dimanfaatkan warga sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

“mereka akan mudah mengakses internet, dengan adanya system seperti ini walaupun ditengah pematang sawah.”, tuturnya.

Dedi menambahkan, untuk memproteksi jaringan internet yang ada nantinya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan berkoordinasi dengan pihak provider untuk memblok situs-situs yang dianggap berdampak negatif bagi warga khususnya anak-anak.

“Selain itu, pemerintah juga harus serius menutup situs-situs seperti itu dengan bekerja sama dengan provider agar situs tersebut bisa diblok dan tidak bisa diakses sama sekali oleh anak – anak,” jelasnya.

Dan untuk mempercantik tampilan kampung cyber, Pemkab purwakarata telah melakukan MoU dengan Universitas Indonesia untuk mendesign tempat-tempat yang menjadi aktivitas penggunaan internet di kampung cyber ini.

“Kita sudah ada MoU kan dengan Universitas Indonesia, dimana UI dan Pemkab akan mendesain pos – pos tersebut, saung ditengah sawah serta CCTV dijalan – jalan, sehingga tujuannya adalah masyarakat akan tertata serta sadar akan hukum dan lingkungan.”, tutup beliau.#

Facebook Comments