AdalahPay

SatuNusaNews – Perayaan hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada Rabu,20 Mei 2015 besok diperkirakan akan dipenuhi sekitar 2.000 demonstran. Polda Metro Jaya akan memberlakukan pengalihan arus di beberapa titik di Jakarta.

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono, Konsentrasi masa akan terjadi sedikitnya di tiga titik. Diantaranya bundaran Hotel Indonesia (HI), depan Istana Merdeka dan di depan gedung MPR/DPR.

“Saya himbau untuk menghindari HI (Hotel Indonesia), depan Istana Merdeka, depan Gedung DPR/MPR/DPD,” ujar Unggung usai menggelar pasukan pengamanan Harkitnas 2015 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada saat pelaksanaan besok, Polda Metro Jaya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Kendaraan yang datang dari arah Blok M ke Slipi akan dibelokkan ke Jalan Pakubuwono lalu ke Jalan Pintu I Senayan. Sedangkan dari arah Jalan Gatot Subroto menuju Slipi akan diluruskan ke dalam tol dan keluar di gerbang Tol Senayan II.

Kemudian, kendaraan yang akan mengarah Bundaran HI akan dibelokkan ke daerah sekitarnya. “Pengalihan arus di Bundaran HI bersifat situasional,” lanjut Unggung.

Sementara itu, bagi pengendara yang hendak melintas dari arah Harmoni ke arah Istana Merdeka dan Bundaran HI akan dialihkan ke Jalan Insinyur Juanda. Begitu juga yang datang dari arah Jalan Veteran menuju Istana akan dialihkan ke Medan Merdeka Utara, tepatnya melewati Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Rekayasa arus lalu lintas di Bundaran HI bersifat situasional. Kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto akan dialihkan ke Dukuh Atas lalu masuk Menteng. Untuk kendaraan yang mengarah ke Istana, dari Hayam Wuruk dibelokkan ke Jalan Juanda dan yang dari arah Jalan Veteran dibelokkan ke kiri, depan Kemendagri,” jelas Unggung.

Selain di 3 titik diatas, konsentrasi masa juga diperkirakan akan berkumpul di Tugu Proklamasi Menteng,Jakarta Pusat. Untuk itu, Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat lalu lintas AKBP Warsinem menghimbau agar masyarakat menghindari lokasi tersebut setelah jam 08.00 WIB.

“Kami memperkirakan saat itu terjadi gangguan arus lalu lintas. Penutupan jalur sekitar Tugu Proklamasi itu situasional. Apabila masih bisa dialirkan, akan dialirkan. Tapi bila sudah tak bisa, baru ditutup,” ucap Warsinem seperti dikutip dari liputan6.com

Beliau juga menambahkan, lalu lintas dari Jalan Pramuka menuju Tugu Proklamasi akan dialihkan ke Jalan Salemba Raya atau ke Jalan Tambak.

“Kendaraan dari Manggarai menuju Tugu Proklamasi akan diarahkan menuju Jalan Salemba Raya. Untuk mengantisipasi kebingungan pengendara yang datang dari arah Manggarai dan Pramuka, nanti akan ada petugas di flyover Matraman untuk mengarahkan mereka,” tutup Warsinem.#

Facebook Comments