SatuNusaNews – Jika anda sedang berada di Purwakarta, mungkin anda perlu mengunjungi tempat-tempat wisata alami di sana. Dengan tata kelola Alam yang baik, Purwakarta kini menjadi destinasi yang patut dipertimbangkan untuk anda pencinta wisata alam. Berikut ulasannya:

1. Waduk Jati Luhur

purwakarta wisata3

Waduk Jati Luhur terletak di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta,Jawa Barat. Waduk Jatiluhur adalah sebuah bendungan terbesar di Indonesia. Waduk yang dibangun oleh kontraktor Prancis pada tahun 1957 ini, memiliki luas 8,300 Ha dengan potensi air 12,9 miliar /m3.

Perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.

2. Gunung Bongkok

purwakarta wisata1

 

Gunung Bongkok, atau lebih tepatnya disebut Bukit Bongkok, adalah sebuah gunung batu yang berlokasi di Cikandang Sukamulya Kab Purwakarta Jawa Barat. Dengan tawaran pemandangan yang indah di puncak gunung, rasanya perjalanan anda tidak akan sia-sia. Gunung yang memiliki tinggi 975m dpl dan memiliki kecuraman hampir 90 derajat ini mempunyai tantangan tersendiri.

Para pemuda di Gunung Bongkok sangat kooperatif. Mereka siap menjadi guide (dengan tarif 50 ribu/hari dan porter dengan tarif 75-100 ribu/hari), selain itu wisatawan juga bisa memesan menu makanan ke warga desa seperti ke ayam/ikan bakar dengan layanan antar hingga puncak Gunung Bongkok.

3. Situ Wanayasa

purwakarta wisata4

Danau Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ±23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta. Penduduk setempat menyebutnya Situ Wanayasa (Dalam bahasa Sunda, situ berarti danau).

Danau Wanayasa atau Situ Wanayasa adalah danau alam seluas ±7 ha yang berada pada ketinggian 600 m DPL dengan udara yang sejuk berlatar belakang panorama Gunung Burangrang. Yang unik dari danau ini adalah adanya pulau di tengah danau. Di pulau tersebut terdapat makam RA. Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke-9. Meninggal pada tahun 1827.

Beberapa obyek wisata yang ada di sekitar Situ Wanayasa adalah sumber air panas Ciracas (±8 km dari Situ Wanayasa) dan air terjun Curug Cipurut (± 3 km arah Selatan kota Wanayasa). #

Facebook Comments