SatuNusaNews – Menjadi seorang  ketua Rukun Tetangga (RT) di daerah memang pekerjaan yang bisa dibilang penuh pengorbanan. Pasalnya ketua RT mengemban tugas yang penting dalam satuan terkecil pemerintahan. Terlebih honor yang diterima Seorang ketua RT terbilang cukup kecil, apalagi Ketua RT di Daerah. Tapi tidak demikian halnya di Purwakarta.

Seorang  ketua RT di Purwakarta mendapat Rp.500 ribu setiap bulannya. Sebelumnya ketua RT hanya mendapatkan Rp.150 ribu per bulan dengan pencairan per triwulan. “Pencairannya pun yang biasa dibayar per triwulan diubah menjadi sebulan sekali,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, yang dikutip dari Tempo, Jumat, 15 Mei 2015.

Dengan bertambahnya honor  ketua RT di Purwakarta, kini Purwakarta menjadi daerah dengan Honor  ketua RT tertinggi di Jawa Barat. Tidak hanya  ketua RT, Honor  ketua RW dan Kepala Desa juga ikut naik.   ketua RW yang semula Rp.250 per bulan, kini menjadi Rp.525 ribu per bulan. Untuk Honor Kepala Desa menjadi  Rp.2,6 Juta per bulan.

“Sekarang honor RT di Purwakarta menjadi yang tertinggi di Jawa Barat,” katanya.

Menurut Dedi, Purwakarta yang memiliki 1.347 RT tersebar di 193 desa dan kelurahan ini berharap dengan kebijakannya ini kinerja RT/RW dan aparat di kelurahan menjadi maksimal.”Desa itu ujung tombak pembangunan suatu daerah, bahkan negara Indonesia,” tegas Dedi.#

Facebook Comments