AdalahPay
SatuNusaNews – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengingatkan pemerintah jangan mengabaikan perasaan umat Islam, baik Rohingya maupun di Indonesia.
“Sebagai ketua MUI saya minta agar pemerintah berempati terhadap umat Islam. Bantu saudara kita dari Rohingya dengan serius. Nasib mereka terkatung-katung. Termasuk tegas dengan Myanmar,” kata Din saat berbincang dengan wartawan, beberapa saat lalu (Senin, 25/5)
Tak tanggung-tanggung, Din pun menegaskan jika menggunakan alasan rasional bisa saja Myanmar dikeluarkan dari ASEAN. Pasalnya, negara pimpinan junta militer itu sudah melakukan pelanggaran HAM berat.
“Kalau perlu, ada alasan rasional bisa saja dikeluarkan dari ASEAN. Kita di era Suharto dulu dikenal punya sikap tegas. Jangan hanya karena demi solidaritas ASEAN jadi bungkam. Myanmar itu anak baru, jangan dibiarkan melunjak,” kata Din.
Jika terus dibiarkan dan malah tidak ditekan pemerintah junta muliter Myanmar, menurut Din, negara ASEAN sama saja menyimpan bom waktu. Konflik ini ditakutkan bisa meluas menjadi konflik antara agama dan jelas menggangu stabilitas ASEAN.
“Lagian konstitusi kita jelas mengenyahkan penjajahan dimuka bumi. Jadi kita harus keras terhadap segala bentuk penjajahan dan pendindasan,” ulas Din, menegaskan.#

Sumber : SP
Facebook Comments