AdalahPay

SatuNusaNews – Bagi anda yang suka dengan sejarah, anda harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke Kabupaten Purwakarta. Karena Purwakarta memiliki Replika Kejayaan Sunda yang tersimpan di Museum Diorama Bale Panyawangan.

CFxhSZDUsAIzgoW

Kebiasaan Masyarakat Sunda senang berkumpul, Warga Sunda biasaya berkumpul di tempat yang dinamakan Bale. Ada Bale Kahuripan,Bale Wanayasa, dan  ada Bale Panyawangan berasal dari kata Nyawang yang berarti ruh terbang.

“Kemana? Ke masa silam untuk kembali menuju hari yang lebih berkembang,” imbuh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi seperti dikutip okezon.com, Minggu (24/5/2015).

Bale dalam tatanan Sunda berfungsi sebagai tempat Musyawarah warga. Segala kebijakan Desa bisa diputuskan di satu Bale, untuk menggagas kampung-kampung yang tertata, sistem jalan, irigasi yang swadaya, rumah ibadah yang menginspirasi semangat kesucian tenang tanpa kasta.

Begitu anda memasuki Museum, anda akan disambut para Bupati Purwakarta,seakan mempersilahkan masuk. Kemudian disana terdapat sejarah perlawanan “Dalem Sumeren” yang menjadi saksi perjuangan Sunda mengusir segala macam bentuk Penjajahan. Ada juga Perjuangan Saudara etnis Tionghoa dalam peristiwa Ranca Darah, melawan Kooptasi Perkebunan Teh.‎

CFxhSumVEAE13mR

CFxhSySUgAA5oJq

Peristiwa Jepang menyerah pada sekutu juga menjadi koleksi di museum ini. Ada pula diorama dimana Founding Father Indonesia berdiskusi tentang teks proklamasi kemerdekaan. Di bale ini juga ‎tersaji bangun bersejarah Purwakarta dari masa ke masa, bahan renungan akan perjuangan para pendahulu.‎#

Facebook Comments