SatuNusaNews – Tokoh sentral gerakan reformasi 1998 sekaligus inisiator berdirinya Partai Amanat Nasional, Amien Rais berpesan kepada pemerintahan Joko Widodo agar tidak membiarkan kegaduhan politik yang tanpa henti.

Mantan Ketua MPR RI ini menasehati pemerintahan Jokowi agar menghentikan kegaduhan politik karena manuver-manuver menterinya.

“Karena efeknya yang rugi adalah bangsa Indonesia sendiri,” ujar Amien Rais usai menghadiri Pembukaan Rakernas PAN di Balai Soedirman, Tebet, Jakarta Rabu (06/05).

Kegaduhan politik yang dimaksud Amien salah satunya adalah kebijakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang menurutnya sudah mencampuri urusan Partai Golkar dan PPP.

“Jika Jokowi tidak lagi membiarkan menterinya membuat huru hara politik melalui Yasonna maka akan sejuk. Jadi berhentilah campuri Golkar, PPP dan partai lain,” nasihatnya.

Atas dasar itu, Amien melihat harus ada perombakan kabinet karena menurutnya yang akan dihadapi Jokowi di masa depan itu luar biasa beratnya jika membiarkan para menterinya melakukan huru-hara politik serta pemerintahannya juga akan kehilangan fokus.

“Suatu pemerintahan yang menguras energinya untuk mengurusi politik orang lain, itu memperlemah fokus pemerintahan itu sendiri,” ujar dia.

Dari informasi yang dikutip dari laman Antara, acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2015-2020 dan rapat kerja nasional tahun 2015 partai itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan beberapa tokoh lainnya.

Mereka antara lain Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Ketua Harian DPP Demokrat Syarif Hasan, Ketua DPP Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie.

Selain itu Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Dewan Pertimbangan PAN Sutrisno Bachier, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PKS Anis Matta, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Ketua PKPI Sutiyoso dan Ketua PPP Djan Farid.

Sementara Menteri Kabinet Kerja yang hadir antara lain Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan. #

Facebook Comments