SatuNusaNews – Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi, SH yang akrab dengan panggilan Kang Dedi mengharapkan pemerintah menerbitkan sertifikasi batu akik sebagai batu mulia. Dengan demikian, batu akik bisa disejajarkan nilai ekonominya dengan batu mulia lainnya.

Berbicara memberikan kata sambutan dalam Festival Akik Purwakarta Rabu (29/04) Kang Dedi menginginkan batu akik bisa sejajar dengan batu mulia lainnya. “Demam batu sekarang ini melanda masyarakat, sehingga banyak masyarakat mencarinya sehingga batu memiliki nilai ekonomi yang tinggi bahkan satu buah batu kecil saja hampir ratusan juta. Ke depan pemerintah harus membuatkan standarisasi dan sertifikasi agar batu akik bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan bisa sejajar dengan batu mulia lainnya,” ujarnya.

Kang Dedi juga menegaskan bahwa batu akik merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga, jangan sampai batu menjadi fenomenal sesaat. “Batu akik merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan karena itu fenomenal ini janganlah sesaat dengan batu akik membuktikan bangsa kita adalah bangsa yang kaya,” singkatnya.

Hadir mengisi seminar dalam rangka Festival Akik tersebut budayawan sekaligus pemerhati seni Ridwan Saidi, akademisi UIN Bandung Prof. Dr. Asep Saeful Muhtadi, dan sastrawan Acep Zam Zam Noor.

Sastrawan Acep Zam Zam Noor dalam paparannya menyindir kondisi saat ini. “Hiburan di negeri ini ada 3, Sepakbola, KPK dan Batu Akik. Saat ini PSSI sudah dibekukan, KPK sudah tidak menarik lagi, hiburan rakyat tersisa hanya Batu Akik.” Sontak audiens tergelak tawa mendengar paparannya tersebut.

Prof. Asep Muhtadi menjelaskan kalau saat ini sudah bisa disebut dengan ‘zaman batu’. Tak lupa dia juga menyisipkan lelucon dalam paparannya tentang batu akik. “Memang diakui atau tidak, ini masuk kembali ke jaman batu. Bahkan ada seorang gubernur yang selalu terkesan memaksakan keputusan, istilahnya kepala batu..” ujarnya.

Budayawan Ridwan Saidi dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Purwakarta sangat unik. Purwakarta dipercaya memiliki komunitas tertua penggemar dan pengguna Batu Akik terangnya.

 

Dalam festival kali ini dipamerkan pula berbagai macam batu akik yang bernilai puluhan bahkan sampai ratusan juta. Mahalnya batu akik disebabkan keunikan dan kelangkaannya di alam. #

Facebook Comments