Terjadi polemik di berbagai media mengenai Hukuman Mati. Ada yang mengatakan bahwa Hukuman Mati itu melanggar HAM (Hak Asasi Manusia). Apakah benar demikian ?

HAM adalah Hak yang melekat pada Manusia secara Kodrati dan bukan hak yang didapati dari tatanan Hukum yang dibuat oleh Manusia.

Lalu apa saja tanda-tanda Pelanggaran HAM ? Ada 2 yaitu Terjadinya secara Sistematis yang menggambarkan bahwa telah terjadi perlakuan yang sedemikian rupa secara terencana dan atau Terjadinya secara Massive/meluas/merambat yang berlangsung terus, meningkat terus dan menjadi besar.

Lalu ada berapa jenis Pelanggaran HAM itu ? Ada 2 yaitu Pelanggaran HAM biasa seperti kejahatan terhadap kemanusiaan dan Pelanggaran HAM berat seperti Genocida, Extra Judicial Killing, Sistematic Descrimination.

Lalu bagaimana hubungan Hukum dengan HAM ? Hukum adalah sebagai alat pengatur guna menjamin ketertiban lintas hak dasar dan kepentingan tiap manusia maka dapat disimpulkan bahwa hukum lah yang menciptakan ketertiban hak dasar tiap orang.

Lalu dimana permasalahannya ? Masalahnya adalah adanya perbedaan pandangan dalam HAM diantara 2 kelompok pandangan/paham yang berbeda yaitu :

1. Universalisme >< Relativisme, bagi negara Barat HAM berlaku universal dan boleh dipaksakan tetapi bagi negara Timur dan Selatan HAM
berlaku relative karena terdapat disparitas budaya antar bangsa

2. Personal >< Komunal, bagi negara Barat HAM melekat kepada individu dan mutlak harus dipenuhi tetapi bagi negara Timur dan Selatan HAM melekat pada kimunitas dan individu harus melepaskan hak individunya karena HAM hanya bisa dicapai dengan kerukunan kolektif

3. Hagemonial >< Statis, yang menganut paham Hagemonial mengatakan, Negara bertanggung jawab atas ketertiban dunia dan boleh ikut campur tangan atas penindasan  manusiaan di negara lain tetapi bagi yang menganut paham Statis mengatakan HAM adalah urusan negara masing-masing karena lebih tau tentang kondisi negaranya.

Jelas sekali ada perbedaan pandangan terhadap HAM dari 2 kelompok besar di dunia ini.

Indonesia adalah Negara Timur yang lebih dekat dengan Paham Relativisme, Komunal dan Statis.
Tidak ada Pelanggaran HAM terhadap Hukuman Mati yang berlaku di Indonesia. (#13)

Rory Yunas

Facebook Comments