AdalahPay

SatuNusaNews – Siang tadi terjadi aksi Penolakan Pelantikan Komjen Budi Gunawan oleh mahasiswa UI yang bertempatan di Bundaran Psikologi UI, Rabu, April (22/04). Aksi yang dipimpin langsung oleh Ketua BEM UI Andy Aulia Rahma menolak keras pengangkatan Budi Gunawan sebagai Wakapolri.

Menurutnya (Andy), pelantikan Budi Gunawan akan mencederai kepercayaan publik terhadap POLRI. Hal ini dikarenakan pada sebelumnya Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan rekening gendut penjahat POLRI, meskipun memang hasil praperadilan menyatakan penetapan status tersangka Budi Gunawan tidak sah.

Status hukum Budi Gunawan yang masih abu-abu tersebut menimbulkan pertanyaan apakah Budy Gunawan tersebut bersih atau tidak, oleh karena itu BEM UI menyatakan sebagai berikut;

1. Menolak pengangkatan Budi Gunawan sebagai Wakapolri.

2. Mendesak Kapolri untuk mengganti dan mengusulkan nama lain sebagai Wakapolri yang bersihdan berintegritas.

3. Mendesak pengambilan berkas penanganankasus Budi Gunawan ke KPK untuk diproses kembali secara hukum.

Sedangkan sore ini pelantikan Budi Gunawan berlangsung tertutup. Kapolri sendiri sebelumnya menjelaskan, sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi sudah digelar pada Jumat (17/4/2015). Namun, keputusan tentang penunjukan Budi Gunawan sebagai Wakapolri baru didapatkan pada Selasa (21/4/2015).

Facebook Comments